Konsep Dasar Pemrograman Berorientasi Objek (OOP)

Posted by Salim Jumat, 06 Maret 2009 0 komentar
Salah satu program berorientasi obyek adalah Java Programming. Salah satu keunggulan program Java adalah dapat membuat perangkat lunak yang dapat ditanamkan (embedded) pada berbagai mesin dan peralatan konsumer, seperti handphone, microwave, remote control, dan lain-lain. Hal ini kemudian Java memiliki konsep yang disebut write once run anywhere.

Sedangkan karakteristik dari Java diantaranya adalah : Berorientasi Objek, Multithreading, Sederhana, Tredistribusi, Interpreter dan tentunya free / bebas licence.

Karakteristik Utama Pemrograman Berorientasi Objek (PBO)
Object itu secara mudahnya dapat dikatakan terdiri dari property dan method.
Misal : Seorang manusia
Propertynya : kepala, badan, tangan, kaki, dll.
Methodnya : bisa berjalan, menari, sakit, tidur, dll.

Konsep object oriented memiliki karakteristik utama yaitu :
1. Enkapsulasi
Enkapsulasi adalah suatu mekanisme untuk menyembunyikan atau memproteksi suatu proses dari kemungkinan interferensi atau penyalahgunaan dari luar sistem sekaligus menyederhanakan penggunaan system itu sendiri.
2. Pewarisan (Inheritance)
Merupakan suatu proses dimana suatu class diturunkan dari class lainnya sehingga ia mendapatkkan ciri atau sifat dari class tersebut.
3. Polymorphism
Konsep ini memungkinkan digunakannya suatu interface yang sama untuk memerintah objek agar melakukan aksi atau tindakan yang mungkin secara prinsip sama namun secara proses berbeda. Dalam konsep yang lebih umum sering kali polymorphism disebut dalam istilah satu interface banyak aksi.



Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/OOP
http://java.sun.com/docs/books/tutorial/java/javaOO/index.html

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman